SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI

Selamat Datang di Blog KUA Kecamatan Lumajang

Monday, 19 October 2009

DUNIA ITU HANYA SECUIL

Pernahkah kita menolak pemberian orang lain? Jawabannya tidak pernah. Bahkan orang-orang yang uangnya berlimpah pun masih berharap diberi uang. Buktinya soal hadiah yang ujung-ujungnya penipuan itu juga berpangkal keinginan mendapatkan pemberian.

Dalam ungkapan kearifan masyarakat barat dikatakan :"Golden key open effery door" Maksudnya, kalau kita datang dan mebawa hadiah atau oleh-oleh, orang akan menerima kita dengan senang hati. Tidak ada istilah penolakan atau ungkapan kebohongan seperti yang pernah diceritakan oleh teman saya.
Teman saya yang kebetulan adalah ketua ikata remaja masjid, katanya benar-benar kecewa ketika dia mendatangi seorang mubaliq untuk sebuah perayaan di masjidnya. Ketika dia datang ke rumah mubaliq itu, katanya sang mubaliq sedang tidak ada dirumah. Padahal, kata panitia sang mubaliq ada. Kenapa?Allahlah yang maha tahu.
Kenapa sang guru sufi yang darwis dengan kehidupan sangat sederhana, bahkan meminjam istilah developer triple sss, sangat-sangat sederhana, ternyata menolak pemberian itu? Jawabnya, tidak lain adalah alasan kesucian hati dan jiwa. Kedekatan dengan tuhanlah kebahagian yang didambakan. Sekaya apa pun dan seberapa banyak harta yang dimiliki seseorang, apalagi diperoleh dengan cara-cara yang tidak dibenarkan agama, tidak akan membahagiakan hati dan jiwanya.
Kenapa sang guru sufi mengatakan kalau rajalah yang layak atas uang itu? Sang guru sufi melihat keserakahan yang merasuki sang raja akan kekayan duniawi . Padahal menurut pandangan dan keyakinan sufi kakayaan duniawi itu hanya secuil.

No comments:

Post a Comment